Posted by : Unknown





Jaman sekarang, monitor LCD sudah sangat menjamur. Hal tersebut dikarenakan jumlah produksinya yang sangat banyak dan didukung oleh harganya yang sudah semakin murah. Dan dengan murahnya harga monitor LCD membuat banyak user dan pengguna komputer mulai melirik untuk menggunakan monitor jenis LCD ini. Dan sebenarnya jika kita mau migrasi dan berpindah untuk menggunakan monitor LCD ini banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan, karena monitor LCD memang memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan monitor tabung atau sering dikenal dengan monitor CRT.
Berikut beberapa kelebihan monitor LCD dibandingkan dengan monitor CRT:
  1. Daya listrik yang dibutuhkan lebih sedikit, dan tentunya akan menghemat pengeluaran bulanan anda dalam membayar tagihan PLN
  2. Umur yang lebih panjang. Hal ini memang belum bias dibuktikan secara real, tetapi berdasarkan teori, umur dari lampu led yang membentuk pixel dari nyala LCD lebih panjang dibandingkan dengan nyala lampu tabung monitor yang berasal dari penembakan electron.
  3. Nyala lampu lebih redup, sehingga tidak membuat mata lelah untuk bekerja berlama-lama didepan LCD
  4. Tinggat radiasi sangat kecil, bahkan bias dibilang tidak ada, karena nyala LCD bukan dari hasil penembakan electron, melainkan hasil dari pemendaran cairan akibat dari terkena cahaya
  5. Aspek ratio yang lebih universal, karena biasaya LCD memiliki pilihan aspek rasio, apakah akan menggunakan 16:9 (untuk mode cinema) atau 4:3 (untuk mode classic)
  6. Pengaturan tampilan lebih banyak
  7. Gambar lebih halus dan jernih (walaupun tampilan terbaik adalah hanya dari satu sisi saja, biasanya dari arah depan)
  8. Ukuran lebih slim dan kecil, sehingga sangat menghemat tempat.
  9. Ukuran LCD 15” setara dengan CRT 17”, LCD 17” setara dengan CRT 21 “ begitu juga seterusnya
  10. Bobotnya sangat ringan, tidak sampai setengahnya bobot monitor CRT
  11. Desain lebih bagus dan mewah jika dibandingkan dengan monitor CRT
  12. Sudah mendukung (kebanyakan) input dari port DVI, jadi hasil gambarnya lebih bagus, karena tidak perlu proses konversi sinyal lagi, beda dengan monitor CRT yang sampai saat ini masih menggunakan port D-Sub (analog).
  13. Perkembangan teknologinya masih jauh kedepan, jadi masing sangat berpotensi untuk selalu dikembangkan.  Beda denga monitor CRT yang teknologinya sudah hamper discontinue (untuk monitor computer)
Demikian tadi apa yang bisa saya sampaikan mengenai kelebihan monitor LCD dibandingkan dengan monitor CRT. Jika ada yang kurang, bisa sobatPC tambahkan dikomentar. Semoga bermanfaat, terima kasih

sumber dari sobatpc.com

Leave a Reply

note: berkomentarlah dengan baik
tidak menghina, mencaci, mnyinggung ataupun hal negatif lainya

apabila ingin berkomentar tapi tidak punya akun gunakan opsi anonymous

juga bila ada yang tidak dimengerti dan ingin ditanyakan/didiskusikan
silahkan langsung saja comment disini
^_^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Blog si Mas Kaca Mata - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -