Posted by : Unknown

Hallo.. pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang konsep program yang akan dibuat pada mata kuliah pemrograman .NET nantinya.
Rencananya saya akan membuat program yang standar saja dulu sambil bertahap belajar .NET-nya yaitu Sistem Parkir.
Mungkin dilihat dari judulnya. sudah sering dijumpai atau sudah familiar dikalangan programmer. hal yang bisa dibilang sudah basi. akan tetapi balik lagi ketujuan awal yaitu untuk bahan pembelajaran, juga melihat dari keadaan kampusku saat ini yang memang belum adanya fasilitas ini, sehingga selintas terpikir pengen buat Sistem Parkir ini.

adapun manfaat dengan adanya Sistem Parkir ini yaitu memberikan kemudahan mengetahui jumlah kendaraan yang berada di area parkir, karena system selalu memberikan informasi secara real time,
memberikan keamanan karena kendaraan yang masuk selalu terdata secara, kemudian bila dibandingkan dengan metode parkir yang masih tradisional alias konvensional kita bisa banyangkan betapa susahnya melayani dan mencover semua kendaraan keluar dan masuk.


Secara garis besar dalam perancangan sistem ini seperti gambar di atas yang meliputi data kendaraan yang keluar masuk area parkir, jam masuk, jam keluar, dan biaya parkir, serta capture image kendaraan dan plat nomer kendaraan dengan menggunakan kamera. Aplikasi ini menghasilkan data keluaran berupa jumlah kendaraan yang keluar masuk area parkir, laporan penghasilan dari jasa parkir, dan data capture image kendaraan dan plat nomer kendaraan. Sementara Pengguna aplikasi ini adalah administrator, operator masuk dan operator keluar.

Kemudian akan juga di tambahkan fitur barcode untuk mempermudah pendataan pada saat kendaraan keluar, dan fitur barcode untuk kebutuhan member/karyawan. Banyak sekali metode otomatisasi parkir yang ada, mulai dari sistem karcis menggunakan barcode atau tidak (semi otomatisasi) atau pula menggunakan kartu PVC dan kesemuanya saat ini rata rata sudah di integrasikan dengan menggunakan kamera CCTV yang bisa mengcaptur kendaraan yang datanya disimpan dalam database.

Dengan menggunakan Metode barcode akan mempermudah kros cek saat check out dari gateway keluar karena disertakan dengan barcode reader yang mampu membaca dengan cepat karcis dengan catatan karcis tidak dilipat lipat atau acak acak rusak yang membuat pembacaan dengan barcode scanner jadi susah.

Dari segi kebutuhan hardware Kebanyakan sistem ini membutuhkan beberapa perangkat bantu diantaranya Receipt Printer Thermal (karena butuh kualitas cetak barcode yang bagus) lalu barcode scanner rekomendasinya dengan menggunakan laser scanner, dan juga perangkap capture CCTV yang bisa zoom bagus. juga tentunya perangkat PC dan software sistem parkir.

Mungkin kebutuhan hardware ini lumayan membutuhkan banyak perangkat, tapi semoga nantinya bisa di akali dengan perangkat yang sudah ada.

Leave a Reply

note: berkomentarlah dengan baik
tidak menghina, mencaci, mnyinggung ataupun hal negatif lainya

apabila ingin berkomentar tapi tidak punya akun gunakan opsi anonymous

juga bila ada yang tidak dimengerti dan ingin ditanyakan/didiskusikan
silahkan langsung saja comment disini
^_^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Blog si Mas Kaca Mata - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -